Jumat, 03 September 2010

Meningkatkan kinerja WIndows XP,Vista,7(seven)

Berikut ini adalah berbagai cara untuk meningkatkan kinerja windows XP, vista dan seven pada PC/Notebook anda:

1. Untuk mempercepat waktu BOOTING dan meningkatkan performance, anda tidak perlu menggunakan software defrag pihak ketiga, anda cukup menggunakan perangkat Defragmenter yang buatan (built-in) Windows, karena pada dasarnya memiliki kemampuan yang sama saja kok..

2. Meningkatkan kapasitas RAM, jika RAM anda kurang dari 512 MB. Caranya gampang kok... Anda tinggal bawa uang datang ke toko yang menjual perangkat-perangkat PC/Notebook. Kalau anda belum punya budget, kita bisa akalin dulu buat sementara... Pengen tau caranya??? Tenang broo jangan buru-buru.. Ni caranya:
a) Klik kanan pada icon my computer anda.
b) Pilih properties dan kemudian akan menumui jendela yang akan terbuka
pilih pada kotak advance kemudian pilih kotak performance dan setting. Tapi kalo di windows vista/seven beda dikit..... jika andai pakai vista/seven, setelah klik properties pada my computer, klik aja Advanced system settings.
c) Setelah masuk ke performance options maka tingkatkan virtual RAM anda Minimal 0 MB dan Maximal 3x lipat dari RAM anda. Misalkan RAM anda 512 MB, maka anda dapat mengganti 1536 MB. Okey broo???inget Maximum Cuma 3x lipatnya aja...Lalu klik OK dan system akan restart dengan otomatis.

3. Update driver VGA dan chipset motherboard anda broo...,Update jg system BIOS anda beserta konfigurasinya. Kalo gak tau caranya, searching aja tentang konfigurasi BIOS di Mbah Google alias www.google.com.

4. Buang aja broo... semua program yang gak digunakan dari Add/Remove Programs di Control Panel.

5. Pastikan anda menggunakan file system dengan format NTFS jangan FAT32 broo... Cara memeriksanya:
a) Buka Windows Explorer (My Computer).
b) Klik kanan pada drive C:
c) Klik Properties.
Kalo ternyata file system Anda menggunakan FAT32, maka untuk merubahnya gampang...gini caranya:
- Backup dulu data-data yang kamu anggap penting.

- Klik Start >> Run >> ketik CMD

- Setelah muncul jendela Command Prompt, ketik: Convert C: /FS:NTFS
Saya sangat menyarankan untuk menggunakan NTFS karena file system ini lebih aman dari pada FAT32...Tapi sebelum menjalankan yang di atas, system anda WAJIB bersih dari virus, jadi scan dulu system anda.

6. Ni penting broo... Pastikan anda selalu mengupdate antivirus anda biar lebih ampuh. Ya minimal sebulan sekali aja lah. And inget,,g perlu berlebihan menggunakan software antivirus. Cukup 1 aja, karena hanya akan memberatkan kerja system anda aja..

7. Kalo anda punya CD atau DVD recorder / writer, carilah update firmware dari pabriknya. Pada pengalaman yang sudah-sudah, upgrade terbukti bisa mempercepat recorder tersebut. Tenang ja broo... biasanya gratisan kok hehehe :)...

8. Silahkan anda menonaktifkan layanan (service) yang menurut anda gak penting. Karena biasanya Windows XP memasang banyak service yang tidak dibutuhkan oleh user. Untuk menentukan service apa saja yang tidak dibutuhkan, silahkan masuk ke situs Black Viper untuk konfigurasi Windows XP, vista atau seven anda.

9. Sekali sebulan jalankan disk cleanup. Caranya gini broo.....:
a) Masuk ke my computer dan klik kanan pada drive C.
b) Pilih Properties
c) Klik tombol Disk Cleanup dan delete aja semua file temporer.

10. Kalo anda bisa mengedit Registry Windows XP, lakukan untuk meningkatkan performance windows XP, vista atau seven anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar